Dominikus Okbertus Srikujam, M.Sos.

Dominikus Okbertus Srikujam, M.Sos adalah Pendiri dan Direktur Eksekutif Srikujam Syndicate Konsulting dengan latar belakang seorang Aktivis NGO, Peneliti dan Praktisi Politik sejak tahun 2003. Memiliki kemampuan Analis Sosial Politik Masyarakat, Lulusan Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura ini, mengawali karirnya sebagai Aktivis dilembaga Perkumpulan PENA.

Sebagai aktivis, Srikujam memiliki pengalaman mengadvokasi beberapa kasus masyarakat diantaranya Advokasi Konflik Lahan antara Masyarakat Engkadik Pade Landak melawan PT. Airlangga Sawit Jaya (ASJ) pada tahun 2006 dan Mengadvokasi Kasus Fidelis Ari Sudewarto, Seorang PNS sanggau yang tertangkap karena Kepemilikan Ganja untuk pengobatan istrinya pada tahun 2017. Srikujam juga berpengalaman menjadi Fasilitator, Moderator, dan Narasumber hal-hal yang terkait dengan Analisa Sosial Kemasyarakatan.

Pengalaman penelitian dimulai sejak tahun 2004 untuk pembuatan Buku Bertani sawit: Untung atau Buntung, assessment tentang kesiapan Masyarakat dalam menghadapi pemilu 2004, assessment tentang kemungkinan terjadinya konflik pada pemilu 2004 di wilayah pasca konflik di tiga kabupaten yakni Sambas, singkawang, dan bengkayang, Studi desentralisasi di Kabupaten Melawi tahun 2006, Preliminary Media Assessment tahun 2008, Study tentang Pemahaman Masyarakat Perbatasan tentang Peran dan Fungsi DPD RI dalam Pembangunan Perbatasan tahun 2010, Penelitian Sosial dan Ekonomi Perempuan di Sekitar Perkebunan Kelapa Sawit tahun 2013 , dan Penelitian Indonesia Government Index di Kota Pontianak tahun 2014.

Sebagai Praktisi Politik, berpengalaman menjadi pengurus beberapa partai Politik di Kalimantan Barat diantaranya Pengurus DPC Partai Nasionalis Banteng Kemerdekaan (PNBK) Sekadau 2004-2009, Pengurus DPD Partai Pakar Pangan Kalbar (2009-2013), dan Pengurus DPD Partai Demokrat Kalbar 2015-2021. Srikujam juga berpengalaman terlibat aktif sebagai Tim Pemenangan Calon Kepala Daerah dan Calon Legislatif diantaranya; Tim Pemenangan Pasangan Masiun-Lansang pada Pilkada Sekadau 2005, Tim Pemenangan Masiun-Muhammad pada Pilkada Sekadau 2010, dan Tim Pemenangan Aron-Subandrio pada Pilkada Sekadau 2020, Tim Pemenangan Calon Anggota DPD RI Erma Suryani Ranik pada pemilu 2009, Tim Pemenangan Calon Anggota DPR RI Erma Suryani Ranik Pada pemilu 2014 dan 2019.